Jumat, 22 Maret 2013

MENDIDIK ANAK SESUAI ZAMAN DAN KEMAMPUANNYA


Eko Marsidi

1.  Pengaruh Teknologi
-        Perbedaan
a.  Anak-anak dulu permainan terbatas, sehingga kebanyakan membuat sendiri (kreatif)
b. Anak-anak sekarang permainan sudah lengkap dan segala kebutuhan terlengkapi.

2.  Budaya Kekerasan
-        Media Film, TV, Lagu, Novel, Cergam dll.
-        Hidup dalam keluarga yang tidak utuh
a.  Bercerai
b. Sibuk bekerja dll.
c.   Kehidupan Moral & Agama makin ditinggalkan
d. Orang tua kurang peduli dengan perkembangan mentalnya, hanya memberi kecukupan materi.

3.  Generasi NET
-        Berputat pada diri sendiri & memuaskan kepentingannya.
-        Bergantung pada diri sendiri
-        Dipengaruhi simbol-simbol global (ingin memiliki apa yang teman punya)
-        Biasa hidup mewah (membeli barang bukan yang dibutuhkan tetapi yang diinginkan)
-        Kecanduan media





4.  Yang dapat dilakukan orang tua/ Guru
-        Sifat yang dibutuhkan dalam membimbing & dekat dengan anak.
a.  Menepati janji (Jujur, disiplin dan tanggung jawab)
b. Rasa humor
c.   Flexibel (dapat menyesuaikan dengan anak)

5.  Cinta sebagai dasar komunikasi dengan anak
-        Cinta adalah dasar dari bangunan relasi orang tua dan anak.
-        Anak membutuhkan kehadiran kita
-        Membangun komunikasi dengan (ngobrol, makan bersama, main bersama dll)
-        Tidak membedakan anak satu dengan lainnya
-        Hindarkan kekerasan terutama secara psikis (mengejek, melecehkan, menolak dll)

LIMA BAHASA CUNTA ANAK

1.  Berikan kata-kata pujian dan Afirmasi
-        Lakukan pujian dengan tulus & spesifik apa yang di usahakan bukan hasilnya.
-        Arahkan kata-kata afeksi pada perasaannya
a.  Saya senang kamu . . . . . . .
b. Saya bangga punya anak/murid kamu . . . . .
c.   Jika saya harus memilih anak di dunia ini saya pasti milih kamu.
d. Kamu memang anak yang mengagumkan
e.   Aku bangga menjadi orang tua/guru dsb.






Ucapkan kata-kata seperti ini didepan anggota keluarga lain tetapi bukan didepan temannya. Jika perlu disertai tepuk tangan atau acungan jempol.

2.  Sentuhan Fisik
     Sentuhan fisik sangat dibutuhkan , tetapi lakukan dengan memperhatikan situasi, kondisi dan tepat waktu

3. Waktu yang berkualitas
    Anak membutuhkan waktu yang tidak terbagi-bagi/beri perhatian yang penuh

4.  Tindakan Pelayanan
Pelayanan harus diberikan dengan surela, bukan terpaksa

5.  Pemberian (Gifts)
-        Sesuatu yang dapat dilihat & dirasakan, sebagai bukti cinta tanpa syarat.
-        Pemberian karena anak ...... maka itu bukanlah gifts
-        Pemberian hadih diusahakan ada seremoni, ada ucapan cinta pada anak
a.  Aku berikan ini karena aku mencintaimu
b. Aku merasa bangga akan kamu
c.   Aku merasa kamu penting dalam hidupku
-   Dalam pemberian perhatikan minat dan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar